MEDIASMART.ID – Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan mengatur, lembur dapat dilakukan jika ada persetujuan dari buruh atau pekerja.
Selain itu, lembur dapat dilakukan jika terdapat perintah dari perusahaan secara tertulis dan/atau digital.
“Pemberi Kerja yang mempekerjakan Pekerja/Buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 115 ayat (2) harus memenuhi syarat: a. ada persetujuan Pekerja/Buruh yang bersangkutan; b. ada perintah dari Pemberi Kerja secara tertulis dan/atau melalui media digital,” bunyi Pasal 116 ayat (1) UU Pelindungan Ketenagakerjaan yang diunduh dari Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).
Dalam pasal yang sama diatur juga soal waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling lama empat jam dalam satu hari dan 18 jam dalam satu minggu.
Selanjutnya dalam Pasal 116 ayat (2) UU Pelindungan Ketenagakerjaan mengatur, perusahaan wajib membayar upah kerja lembur dengan dua ketentuan, yakni:
- Untuk jam kerja lembur pertama sebesar 1,5 kali Upah dalam satu jam
- Untuk setiap jam kerja lembur berikutnya, sebesar dua kali Upah dalam satu jam.
“Perhitungan Upah 1 (satu) jam didasarkan pada Upah pokok dan tunjangan tetap dibagi 173 (seratus tujuh puluh tiga),” bunyi Pasal 116 ayat (3) UU Pelindungan Ketenagakerjaan.
Jika syarat terkait lembur yang diatur dalam Pasal 116 tidak dipenuhi, maka perusahaan dapat dikenai sanksi administratif berupa peringatan tertulis; denda administratif; pembatasan kegiatan usaha; dan/atau pencabutan perizinan berusaha.
Perhitungan Upah Lembur pada Hari Libur
Selanjutnya dalam Pasal 125 ayat (3) UU Pelindungan Ketenagakerjaan diatur terkait perhitungan upah kerja lembur pada hari istirahat atau libur resmi. Berikut aturannya:
- Jam pertama sampai dengan jam ketujuh, dibayar dua kali upah dalam satu jam
- Jam kedelapan, dibayar tiga kali upah dalam satu jam
- Jam kesembilan, jam kesepuluh, dan jam kesebelas, dibayar empat kali upah dalam satu jam.
Sementara itu, jika hari libur resmi jatuh pada hari kerja terpendek, perhitungan upah kerja lembur dilaksanakan sebagai berikut:
- Jam pertama sampai dengan jam kelima, dibayar dua kali upah dalam satu jam
- Jam keenam, dibayar tiga kali upah dalam satu jam
- Jam ketujuh, jam kedelapan, dan jam kesembilan, dibayar empat kali upah dalam satu jam.
“Perhitungan Upah 1 (satu) jam didasarkan pada Upah pokok dan tunjangan tetap dibagi 173 (seratus tujuh puluh tiga),” bunyi Pasal 125 ayat (5) UU Pelindungan Ketenagakerjaan.
Sumber: Tribun News


